Sunday, April 21, 2013

MERPATI TERNAK-pemula

MERPATI  kita jadikan bisnis , yaitu Peluang Ternak  Merpati Potong  . Bisnis merpati potong masih jarang , sehingga dapat  kita jadikan Peluang Ternak  Merpati Potong. Biasanya merpati potong ini diolah sebagai burung dara goreng di warung makan dll . bisa juga untuk konsumsi warga desa sendiri. Untuk memulai bisnis merpati  , kita bisa memulai bisnis ini dengan memelihara burung dara dalam skala kecil dulu. Misalkan 10 pasang dahulu, sambil mengevaluasi perkembangannya.




Anda bisa membuat kandang merpati berukuran 3meter X 3 meter. Kandang ini nantinya bisa diisi dengan beberapa pagupon atau variasi pagupon berbentuk almari yang  tersusun  bertingkat. Masing- masing pagupon ukuran 40x30cm  tinggi 25cm
      
 
      

 


CARA MEMULAI TERNAK MERPATI
burung merpati adalah type burung yang dapat di umbar atau di dapat di lepas serta akan kembali ke kandangnya sendiri. burung merpati juga terhitung type burung yang gampang dirawat. serta untuk melacak merpati lalu bukan hanya perihal yang sukar, karna merpati banyak dijual di pasar burung. sebelum kita berternak burung merpati, alangkah baiknya kita pelajari  dan pilih induk merpati yang unggul supaya menghasilkan keturunan yang unggul, yaitu dengan langkah sebagai berikut :
1. pastikan burung yang anda beli itu sehat. ciri burung merpati yang sehat yaitu memiliki bulu yang bagus. bagian ujung sayapnya tidak  turun. apabila di tangkap dengan tangan  bereaksi/melakukan perlawanan
2. upayakan janganlah beli burung merpati yang telah tua, ini tidak bagus untuk yang sebatas beli untuk disembelih ataupun untuk diternak.
Ciri-ciri burung merpati yang sudah berumur senja/tua yaitu seperti berikut :
daging di lebih kurang paruh yang terlihat tidak tipis. bagian lubang hidungnya juga tampak ada kerutan daging tidak tipis. apabila di cermati paruhnya telah ngak kilat.
3. apabila waktu anda pilih di antara banyak burung yang ada didalam satu sangkar, janganlah terlampau dekat dengan sangkarnya dulu. ambillah lebih dari satu langkah ke belakang serta cermati tingkah laku si burung merpati dari terlalu jauh. yang harus anda cermati yaitu burung sebagai raja di dalam sangkar, atau yang mempunyai sifat sangat domininan
4. pelajari ciri-ciri pada induk pejantan serta induk betina
induk pejantan umumnya mempunyai paruh yang lebih tidak tipis, lehar semakin besar, kepala yang lebih panjang serta besar. bulu di sekitar lebih yang mengkilap. apabila didekatkan burung lain pejantan/betina lain dia akan bekur ( berkutut )
cara berternak burung merpati juga gampang-gampang sulit sesungguhnya. ada dua metode di sini, yang pertama sistim kurung. lantas burung merpati itu nga sempat terlepas atau keluar dari sangkar nya. langkah ini tidak demikian maksimal apabila dipilih saat menternakan burung merpati. karna burung merpati yaitu burung yang senang bersosialisai lewat terbang serta mondar-mandir. namun apabila ini langkah yang paling akhir dipilih metode ternaknya, upayakan sangkar nya di perbesar.
sistim lepas kandang (kadang dikandang kadang juga dilepas)
untuk yang baru beli burungnya dari pasar burung ngak bisa segera terlepas. kurung serta kasih makan burung nya dahulu sepanjang sekian hari di dalam kandang. berikut sayap burung disalasiban/di lakban/di lem isolasi. barulah burung terlepas didalam kondisi sayap dilem ( upayakan janganlah mengakibatkan kerusakan bulu sayapnya waktu me-lem ataupun buka lemnya ). biarlah burung keluar sendiri dari sangkar untuk pertama kali. waktu malam tiba, apabila si burung telah tau langkah pulang sendiri kerumah barunya bermakna ada kemajuan.
biarlah perihal ini berulang-ulang sepanjang beberpaa hari sampai sangat mungkin untuk terlepas ( panduan yg sangat safe yaitu waktu burung telah bertelur serta mengerami baru
terlepas )
buat mengawinkannya sendiri sesungguhnya ada tricknya, kumpulkan lebih dari satu burung merpati didalam kandang sepanjang 1 minggu, jadi akan terjadi pacaran anatar sesama burung merpati. pasangan yang telah jadi ini tak lagi berpisah apabila tidak diapa-apain atau satunya tiada. serta untuk lihat kapan waktunya burung merpati akan bertelur juga ada langkahnya. tersebut disini sinyal tanda burung merpati apabila akan bertelur. indukan pejantan akan berbentuk agresif serta membuntuti si burung betina kemana lalu ia terbang. senantiasa mengekor dibelakang si burung betina sampai tampak layaknya overprotect ( seperti orang yang pacaran saja :p )

sebatas pengetahuan, waktu – waktu inilah burung merpati dapat di balapkan. langkahnya : tangkaplah siburung indukan saat memasuki kandang. pisahkan serta jangan sempat tampak oleh burung pejantan sepanjang lebih dari satu menit. lantas saat siburung jantan telah tampak sibuk/bingung melacak burung betina serta memanggil-manggil dengan nada khas khuuu khuuu keluarkan si burung betina. sijantan akan lengket ditangan
sesungguhnya saat menjodohkan burung merpati amatlah mudah, penglaman saya saat menjodohkan burung merpati :
1. tentukan burung merpati yang akan kita jodohkan, pastilah mesti yakinkan jantan serta betina. namun kadang-kadang burung sesama sejenispun juga dapat jodoh, namun amat jarang.
2. kandangkan burung jantan serta betina didalam satu kandang. semakin bagusnya tutup kandang ( gupon ) pada malam hari.
3. pada pagi hari mandikan burung serta jemur pada cahaya matahari. semakin bagus lagi bila burung jantan serta betina di pisahkan, namun masih didalam satu kandang.
4. sesudah kering masukkan burung didalam kandang lagi serta beri makan.
5. ulangilah lagi dari no 2 – 4 lebih kurang 3 hari jadi burung akan jodah serta disa untuk di templekkan.,.,
bila telah jodoh ( templek ) jadi burung jantan dapat di lepas serta akan melacak bettinanya ( its itu yang namanya burung masih templek ( bhs jawa ) ) sampai burung bertelur.

buat membantu melindungi perkawinan siburung supaya lancar ada langkah’>cara-cara juga yang dapat kita kerjakan. apabila sinyal tanda akan bertelur telah tampak layaknya yang baru kusebutkan di atas, anda dapat sediakan kayu-kayuan kceil layaknya batang lidi, jerami, tali bekas yang kecil, atau apa saja yang sifatnya dapat di rangkai burung merpati lantas sarang. karna sepanjang musim bertelur tiba, burung merpati akan melacak benda-benda tersebut untuk dibikin alas telur untuk pengeramaan.
burung merpati cuma mengerami cuma lebih kurang 19-22 hari. itu waktu yang telah tentu nya. ngak seluruh telur dapat menetas juga. sangat banyak satu gunakan burung merpati cuma membuahkan 2 telur, 3 telur amatlah langka. waktu telur menetas kasihlah makan be-er atau jagung yang halus ke burung indukan, karna akan disuapi keanak-anaknya.

makanan yang sangat baik untuk merpati yaitu jagung serta kacang hijau. tetapi ada lebih dari satu kebiasaan yang melarang umatnya mengonsumsi atau membunuh burung merpati, terlebih menjualnya untuk disembelih. lantas, upayakan tidak berdagang burung merpati, membunuh, ataupun memakannya. karna burung merpati juga adalah rekan manusia layaknya layaknya kucing
Penelusuran yang terkait dengan cara berternak burung merpati adalah : cara berternak burung merpati, ternak merpati potong, budidaya merpati, cara ternak merpati, ciri ciri merpati balap, ternak burung merpati, ternak merpati tinggian, ternak merpati hias, ternak merpati balap.
 (Revisi dari info media Peternak Merpati Indonesia)
by: ternak merpati E99 Pati






6 comments: